Cara Memasang TWRP Recovery melalui Fastboot di Android

Cara Memasang TWRP Recovery melalui Fastboot di Android


Mode Bootloader / Fastboot memungkinkan Anda untuk mem-flash partisi mana pun pada perangkat, baik itu sistem, boot, pemulihan, cache atau lainnya. Dan bukan hanya gambar partisi dari OEM, Anda juga dapat mem-flash file .img yang dibuat khusus melalui fastboot. Misalnya, pemulihan khusus seperti TWRP.

Untuk yang tidak diketahui, pemulihan TWRP adalah pemulihan khusus untuk perangkat Android yang dikembangkan dan dikelola oleh orang-orang di TeamWin. Ini memungkinkan Anda melakukan sejumlah hal di ponsel Android Anda yang tidak didukung oleh Google maupun produsen perangkat Anda. Misalnya, cadangan perangkat lengkap (nandroid) . Menggunakan pemulihan TWRP Anda dapat mengambil cadangan penuh dari ponsel Android Anda, yang dapat Anda pulihkan untuk bahkan memperbaiki perangkat yang lunak.

Selain cadangan, TWRP juga memungkinkan mem-flash file zip yang tidak ditandai yang mencakup skrip rooting, custom ROM / MODs dan hal-hal serupa lainnya.

Karena tidak semua perangkat Android sama, TWRP dibuat secara berbeda untuk masing-masing. Juga, Anda mungkin menemukan pemulihan tersedia sebagai bangunan resmi dan tidak resmi, di internet. Ini karena pemulihan TWRP adalah proyek sumber terbuka dan siapa pun yang berpengetahuan dapat mengkompilasi build pemulihan TWRP untuk perangkat Android apa pun.

Anda dapat menemukan dan mengunduh build pemulihan TWRP resmi untuk perangkat Anda di situs web TeamWin. Kami telah menautkan semua perangkat yang didukung secara resmi di bawah ini dalam tabel. Untuk sebagian besar perangkat, Anda hanya akan menemukan file .img Fastboot yang dapat di-flash TWRP. Namun, jika Anda memiliki perangkat Samsung Galaxy, Anda juga akan menemukan file .tar, dan kami sarankan untuk menggunakan file .tar untuk  menginstal TWRP menggunakan Odin  (perangkat lunak PC untuk menginstal / menginstal barang pada perangkat Samsung).

Jika Anda sudah memiliki file .img pemulihan TWRP untuk perangkat Anda, langsung lewati ke petunjuk instalasi TWRP di bawah bagian unduh TWRP.


Jika Anda tidak dapat menemukan gambar pemulihan TWRP untuk perangkat Anda di saluran resmi, lakukan pencarian di situs web kami untuk bangunan tidak resmi. Kami membahas pemulihan TWRP tidak resmi untuk semua jenis perangkat Android yang muncul di berbagai komunitas Android seperti XDA.

Ketika Anda memiliki file .img pemulihan TWRP yang diunduh untuk perangkat Anda, ikuti petunjuk di bawah ini untuk mem-flash pemulihan TWRP melalui Fastboot.

Cara Memasang TWRP melalui Fastboot

Catatan:Panduan ini mengasumsikan bahwa perangkat Anda memiliki bootloader yang tidak dikunci . Jika tidak, ikuti panduan terperinci kami tentang Cara Membuka Kunci Bootloader melalui Fastboot di Android .

  1. Dapatkan pemulihan TWRP img file yang kompatibel dengan perangkat Anda dan simpan ke folder terpisah pada PC Anda.
  2. Atur ADB dan Fastboot pada PC Anda, ikuti tautan ini.
  3. Aktifkan USB debugging di perangkat Anda:

Buka Pengaturan pada perangkat Anda.
Pergi ke Tentang telepon dan ketuk tujuh kali pada Build number , ini akan mengaktifkan opsi Developer.
Sekarang kembali ke Pengaturan dan Anda akan melihat opsi Pengembang di  sana, buka.
Centang kotak USB Debugging .
Buka folder tempat Anda menyimpan file .img Pemulihan TWRP pada Langkah 1 di atas.
Sekarang buka jendela perintah di dalam folder itu. Untuk melakukan itu, "Shift + Klik kanan" pada ruang putih kosong di dalam folder dan kemudian pilih "Buka jendela perintah di sini" dari menu konteks.
Hubungkan perangkat Anda ke PC. Dan ketik yang berikut ini di jendela perintah yang kami buka pada Langkah 5 di atas untuk mem-boot perangkat Anda ke mode bootloader / fastboot :
adb reboot bootloader
└ Jika Anda mendapatkan dialog izin pada perangkat Anda untuk "Izinkan USB debugging", ketuk OK .

Setelah perangkat Anda boot ke mode bootloader, keluarkan perintah berikut ke jendela perintah untuk mem-flash file .img pemulihan TWRP:
fastboot flash recovery twrp.img
└ Di sini, modifikasi twrp.img dengan nama file .img recovery TWRP Anda ,  ATAU ubah nama file pemulihan TWRP Anda menjadi twrp.img dan gunakan perintah di atas.

Setelah TWRP berhasil di-flash pada perangkat Anda, jalankan perintah berikut untuk mem-boot ulang:
reboot fastboot
Itu saja. Pemulihan TWRP harus diinstal pada perangkat Anda sekarang. Untuk mem-boot ke pemulihan yang baru saja diinstal, cukup mengeluarkan  perintah pemulihan reboot adb dari baris perintah PC saat perangkat Anda masuk ke sistem.

Comments